Penularan Varian Omicron Lebih Cepat dari Delta

Penularan Varian Omicron Lebih Cepat dari Delta

JAKARTA – Penularan virus Covid-19 varian Omicron bisa tiga kali lebih cepat daripada varian Delta. Satu kasus infeksi Delta dapat menular kepada 6-8 orang.

Sementara, Omicron dapat menulari 10-40 orang. Selain itu, varian Covid-19 yang baru ini juga mampu menyebabkan infeksi ulangan pada orang yang sudah terinfeksi Covid-19 sebelumnya.

“Jadi, satu bulan sampai dua bulan setelah orang mendapatkan Covid-19, bisa sakit kembali karena varian baru ini,” ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes) Siti Nadia Tarmizi yang dikutip dari fin.co.id, Jumat (24/12/2021).

Sejak masuk ke Indonesia, varian Covid-19 yang baru menjangkit beberapa pasien ini, patut diwaspadai. Pasalnya, lanjut Siti Nadia Tarmizi, varian ini dapat menyebakan resiko transmisi Covid-19 dalam rumah tangga lebih tinggi bila dibandingkan dengan varian Delta.

Selain waspada kepada varian yang baru, lanjut Nadia, varian Delta tetap menjadi virus yang mengancam. Sebab, Delta masih terus bermutasi hingga sekarang. “Karena itu, masyarakat diminta tetap waspada dengan disiplin protokol kesehatan,” pungkasnya. (jun)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: